SOSIALISASI PEMILU DAN PENDIDIKAN PEMILIH DENGAN METODE ‘ BRIDGE’

KPU Kab. Tegal melalui program penguatan kelembagaan demokrasi, melakukan kegiatan sosialisasi Pemilu dan pendidikan pemilih. Untuk mendapatkan hasil optimal, kegiatan tersebut dilakukan dengan metode BRIDGE (Building resources in Democracy, Governance and Elections)

Metode BRIDGE (Building Resources In Democracy, Government and Election) pada dasarnya adalah sebuah model pengembangan kemampuan (capacity building) di bidang administrasi penyelenggaraan pemilihan umum. Model ini telah digunakan di 40 negara, dan telah diakui secara internasional. Terdapat 9 modul di dalam model ini, yaitu modul pengenalan administrasi pemilihan, modul hubungan masyarakat, modul penentuan batas daerah pemilihan, modul kontestan atau peserta pemilihan umum, modul persiapan untuk hari pemilihan umum, modul pemungutan dan penghitungan suara, dan modul pengamat pemilihan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2012, bertempat di Hotel Duta Wisata Guci Kab. Tegal sejak pukul 09.00  Wib  sampai dengan selesai, yang diikuti oleh sejumlah 75 orang terdiri dari :

a. Organisasi Kepemudaan   : PMII, BEM STAIBN, SAPMA, IPPNU, IPNU,

Pemuda Muhamadiyah

b. Organisasi Kewanitaan     : Dharma Wanita, PKK, Bhayangkari,

Persit Candrakirana

c. Organisasi Lintas agama   : Katholik, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu.

d. DPD II FKKB dan FKUB Kab. Tegal

Adapun materi seminar diberikan oleh semua anggota KPU Kabupaten Tegal, meliputi :Kenapa harus ada Pemilu; Kekurangan dan kelebihan Pemilu; Pendaftaran pemilih dan Partisipasi pemilih.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Tegal, Drs. Sukartono mengatakan “ Media Sosialisasi ini diharapkan peserta mampu menjadi pilar partisipan Pemilu dan pilar upaya peningkatan demokrasi di daerah. Harapan kami selanjutnya pada Pemilu mendatang tingkat partisipasi masyarakat khususnya Pemilih Pemula dalam penyelenggaraan Pemilu / Pemilukada dapat meningkat ”.