KPU Kab.Tegal melakukan sosialisasi verifikasi faktual dengan parpol

Kamis, 27 September 2012

                     Rapat koordinasi antara KPU Kabupaten Tegal yang dihadiri oleh 19 parpol di wilayah Kabupaten Tegal dari 34 parpol yang telah memenuhi syarat pendaftaran di KPU RI, diselenggarakan sebagai upaya mensosialisasikan verifikasi faktual di tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada 26 Oktober sampai dengan  20 November 2012.  Hal ini juga sebagai bentuk transparansi kepada parpol-parpol mengenai tahapan penyelenggaraan Pemilu DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014.

                 Verifikasi faktual akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Tegal paling lama 26 hari, meliputi verifikasi tentang kepengurusan, keterwakilan  perempuan dalam kepengurusan parpol, domisili kantor tetap, dan keanggotaan sekurang-kurangnya 1.000(seribu) orang atau 1/1.000( satu perseribu) dari jumlah penduduk di tingkat Kabupaten Tegal.

               Disampaikan oleh salah satu anggota KPU Kabupaten Tegal, Drs. Ahmad Sayuti, nantinya akan dibentuk tim verifikasi untuk mengecek kebenaran dokumen yang diserahkan dengan cara mendatangi secara langsung kantor parpol yang bersangkutan untuk mencocokkan domisili kantor dan kebenaran daftar nama pengurus dengan pengurus yang bersangkutan serta bertatap muka langsung dengan setiap anggota parpol yang masuk dalam daftar sampling, apabila tidak bertemu maka KPU Kabupaten Tegal akan meminta pengurus parpol untuk menghadirkan anggota yang dimaksud guna membuktikan keanggotaannya.

Selengkapnya dapat dilihat pada PKPU Nomor 7 Tahun 2012 tentang”Tahapan, Program dan Jadual Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD ” sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2012 dan juga PKPU Nomor 8 Tahun 2012 tentang “Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/ Kota” sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2012.