CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI TEGAL INDEPENDEN HARUS KANTONGI 77.842 DUKUNGAN KTP

Keterangan Foto : Komisioner KPU dari kiri Nurfanani, SE, MM, Drh. Sokhidin, Drs. Sukartono, MM, Nurohman, S.Ag, M. Fasihin, SE, MM
 
 
SLAWI – Bakal calon independen atau perseorangan yang akan maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tegal (pilbup) 2018 mendatang, wajib mengantongi suara minimal 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu terakhir. Jumlah suara itu, juga harus ditambah 25 persen untuk mengantisipasi bukti dukungan yang tidak memenuhi syarat.

“Kami menetapkan persyaratan pencalonan untuk perseorangan berupa jumlah dukungan dan persebarannya dengan Keputusan KPU Kabupaten Tegal,” kata Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono, kemarin.

Dia menjelaskan, jumlah DPT pada Pemilu 2014 lalu, sebanyak 1.197.559 suara. Jumlah itu dikalikan 6,5 persen, sehingga jumlah dukungan yang harus dikantongi pasangan perseorangan sebanyak 77.842 orang.

Namun, KPU menyarankan agar jumlah dukungan ditambah 25 persen. Jika jumlah dukungan pasangan perseorangan sebanyak 77.842 orang dikalikan 25 persen, maka tambahan dukungan sebanyak 19.460 orang. Sehingga jumlah dukungan sekitar 97.302 orang.

“Ini dimaksudkan agar saat verifikasi dan ada pendukung yang dicoret karena tidak memenuhi persyaratan, maka masih ada jumlah dukungan yang memenuhi syarat yakni 77.842 orang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah dukungan perseorangan juga harus mencakup lebih dari 50 persen kecamatan di Kabupaten Tegal. Sistem perhitungannya yakni 50 persen dikalikan dengan 18 kecamatan (jumlah kecamatan di Kabupaten Tegal), sehingga sebaran dukungan minimal 9 kecamatan.

Namun, karena berlaku pembulatan ke atas, maka pasangan perseorangan harus memenuhi syarat penyebaran dukungan sebanyak 10 kecamatan. KPU juga menyarankan agar jumlah sebaran dukungan ditambah 25 persen dari syarat sebaran sebanyak 10 kecamatan.

“Paling tidak antara 12 atau 13 kecamatan untuk sebaran dukungan. Persyaratan ini harus dipenuhi pasangan calon perseorangan,” tandasnya. (http://radartegal.com/berita-lokal/calon-bupati-tegal-independen-harus-kantongi.16933.html)