Sosialisasi Pilkada, KPU Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mural - image IMG-20171001-WA0086 on https://www.cakrawala.co
Sejumlah Komisioner KPU Kabupaten Tegal sedang memantau peserta lomba mural

SLAWI- Dalam rangka mensosalisasikan pelaksanna Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (pilbup) Kabupaten Tegal 2018 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal mengadakan lomba mural di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal, Minggu (1/10) pagi. terbuka untuk umum. Kali ini, lomba diikuti 23 tim dari mulai pelajar, seniman, dan masyarakat umum lainnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tegal Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nurfanani mengatakan, lomba mural ini mengusung tema tentang ‘Pilbup Berintegritas untuk Masa Depan Kabupaten Tegal’. Sedangkan, sub temanya adalah ‘Ayo Nyoblos Maning’,’Tolak Money Politic’, dan ’Jadilah Pemilih yang Cerdas’. Menurutnya, lomba mural itu, baru kali pertama digelar KPU setempat. Tujuannya, untuk menyosialisasikan pelaksanaan Pilbup Tegal dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan digelar serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Karya mural ini dilarang memuat unsur-unsur kampanye yang dapat menguntungkan dan merugikan pihak-pihak tertentu. Karya mural juga dilarang mengandung sara dan pornografi,” kata Nurfanani, didampingi sejumlah Komisioner KPU Kabupaten Tegal lainnya.

Dia mengemukakan, jumlah peserta lomba mural sebanyak 23 tim. Setiap tim berjumlah antara 2-3 orang. Dari jumlah tersebut, salah satu dian-taranya merupakan peserta berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Slawi. Dalam lomba itu, KPU juga bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT), Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga, serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni.

“Mereka (DKKT, Dinas Pariwisata, MGMP) kami libatkan sebagai dewan juri. Kami serahkan semuanya kepada mereka,” ujarnya.

Nurfanani mengaku sengaja menggelar lomba di Trasa karna lokasi itu banyak dikunjungi oleh masyarakat sehingga cukup bagus untuk sosia-lisasi. Adapun untuk hadiah para pemenang, pihaknya menyediakan uang total sebanyak Rp 7 juta. Rinciannya, juara 1 mendapatkan Rp 3 juta, juara 2 Rp 2,5 juta, dan juara 3 Rp 1,5 juta.

“Penyerahan hadiah akan kami serahkan pada saat peluncuran tahapan Pilbup Tegal pada 10 Oktober 2017. Kami akan juga akan mengundang artis akademi pantura,” ucapnya.

Selain lomba mural, lanjut dia, KPU juga akan mengadakan berbagai perlombaan dalam rangka sosialisasi Pilbup Tegal. Diantaranya, lomba futsal yang pesertanya merupakan pemilih pemula. Diharapkan, pemilih pemula dapat memahami pentingnya pelaksanaan Pilbup Tegal untuk masa depan Kabupaten Tegal. “Lomba futsal khusus untuk pelajar SLTA,” pungkasnya. (cakrawala)