PELUNCURAN GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH PEMILU 2018 DI KABUPATEN TEGAL

Slawi (1/10/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Daftar Pemilih, Deklarasi Forum Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Kabupaten Tegal sekaligus Peluncuran Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono yang dihadiri oleh seluruh stake holder KPU Kabupaten Tegal, diantaranya Bawaslu Kabupaten Tegal, Kodim 0712, Polres Tegal, Disdukcapil Tegal, Kesbangpolimas Tegal, Kepala Lapas Tegal, Seluruh Pimpinan partai Politik peserta Pemilu 2019, serta PPK sekabupaten Tegal.

Dalam Sosialisasi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Tegal Fasihin, dijelaskan secara rinci alur pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2019, sekaligus melaporkan setiap data tahapan pemutakhiran daftar pemilih mulai Data Pemilih, Jumlah TPS, DPS, DPSHP, DPT dan DPTHP-1. Pelaksanaan tahapan pemutakhiran Daftar pemilih mestinya setelah ditetapkannya DPT, maka selanjutnya tahapan DPTb dan DPK ujarnya, mengingat saat penetapan DPT oleh KPU RI disampaikan rekomendasi dari Partai Politik dan Bawaslu, akhirnya muncul tahapan baru pasca rekomendasi tersebut berupa DPTHP-1 selama 12 Hari dan DPTHP-2 yang tahapannya selama 60 hari. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Daftar Pemilih yang Komprehensif, Akurat dan lengkap, serta Mutakhir untuk pemilihan Umum Tahun 2019.

Dalam Kegiatan ini dilakukan Deklarasi Forum Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Kabupaten Tegal oleh KPU Kabupaten Tegal bersama Bawaslu Kabupaten Tegal, Kodim 0712, Polres Tegal, Disdukcapil Tegal, Kesbangpolimas Tegal, Kepala Lapas Tegal, Seluruh Pimpinan partai Politik peserta Pemilu 2019. Pembacaan naskah deklarasi ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono, kemudian dilanjutkan penandatangan Bersama Deklarasi Forum Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Kabupaten Tegal.

Secara Maraton kegiatan dilanjutkan dengan Peluncuran Gerakan Melindungi Hak Pilih dengan membuka Banner Besar bertuliskan Gerakan Melindungi Hak Pilih(GMHP) oleh Ketua KPU Bersama-sama Bawaslu Kabupaten Tegal, Kodim 0712, Polres Tegal, Disdukcapil Tegal, Kesbangpolimas Tegal, Kepala Lapas Tegal, Seluruh Pimpinan partai Politik peserta Pemilu 2019.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono mengatakan, Peluncuran Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dilaksanakan oleh KPU Tegal hari ini adalah untuk, melindungi hak pilih masyarakat. Dan ini adalah bukti bahwa KPU konsen dan serius untuk melaksanakan pemilu yang berkualitas.

“Ini adalah gerakan se-Indonesia untuk menyempurnakan data pemilih. Gerakan ini kita laksanakan untuk menindaklanjuti hasil dari rekomendasi Bawaslu. Dengan demikian kami (KPU) di seluruh Indonesia, KPU masih membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat bagi yang belum masuk ke DPT agar masuk DPT,” ujarnya.

Menurut Sukartono, data pemilih adalah indikator pokok dalam pelaksanaan pemilu 2019. Oleh karenanya, validasi data KPU harus dan wajib untuk dilaksanakan. Untuk menjaga hak-hak warga negara agar bisa tersalurkan semuanya. 

“Jika data sudah valid dan baik maka pelaksanaan pemilu bisa dengan baik. Untuk itu, juga akan dilaksanakan pembukaan posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP) hingga ke tingkat desa,” sambungnya.

Dengan demikian masyarakat akan bisa mengecek sendiri di posko yang ada di setiap desa. Apakah dirinya sudah terdaftar atau tidak di dalam DPT, dan jika belum terdaftar agar bisa lansung mengurus pendaftarannya.

Untuk masyarakat yang ingin melakukan pengecekan di posko, bisa datang dengan membawa E-KTP maka akan lansung bisa dilayani oleh petugas yang ada di posko.(MF/Adi)

 

Video Peluncuran #GMHP

Video Deklarasi Forum Koordinasi Mutarlih

foto kegiatan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *