Akhirnya KPU Tetapkan Penyempurnaan DPTHP-2 Sejumlah 1.206.180 pemilih

Slawi, Setelah melalui proses yang panjang akhirnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal menetapkan Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP-2) Pemilu 2019 dalam Rapat Pleno Terbuka pada tanggal 11 Desember 2018.

Kronologinya dimulai dari Rapat Pleno Terbuka yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tegal, pada hari Senin tanggal 10 Desember 2018 di Hotel Permata Slawi, rapat ini dihadiri oleh KPU Tegal, Bawaslu Tegal, politik peserta pemilu 2019, Disdukcapil Tegal, Kabagpem Setda Tegal dan PPK se Kabupaten Tegal. Berdasar laporan Operator SIDALIH KPU Kabupaten,  baru 90 desa/kelurahan yang rekap manualnya sesuai dengan Sidalih, sisanya sebanyak 197 belum sesuai, sehingga dalam rapat pleno ini Bawaslu merekomendasikan dilakukan pengunduran jadwal penetapan samapai dengan sesuainya Rekap manual dengan rekap yang ada dalam SIDALIH(Sistem Daftar Pemilih) sampai dengan sebelum pelaksanaan Pleno Terbuka tingkat Provinsi Jawa Tengah. Atas dasar rekomendasi ini Pimpinan Rapat Pleno memutuskan untuk menunda rapat pleno sampai dengan hari Selasa tanggal 11 Desember 2018 pada pukul 14.00 WIB.

Rapat pleno terbuka lanjutan Rekapitulasi Penyempurnaan DPTHP-2 pada tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Gedung PKK Slawi yang rencananya dibuka pada pukul 14.00 akhirnya dibuka pada pukul 15.15 WIB setelah memenuhi quorum, Rapat Pleno dibuka kembali oleh Ketua KPU Bapak Sukartono selaku pimpinan Rapat, dalam rapat pleno ini dijelaskan bahwa server SIDALIH mulai dapat digunakan normal pada pukul 09.00 WIB, dan pada pukul 15.30 WIB disampaikan posisi jumlah rekapitulasi manual DPTHP-2 desa/kelurahan yang telah Sesuai dengan SIDALIH sejumlah 225 desa/kelurah, sehingga masih menyisakan 62 desa/kelurahan. Pimpinan Rapat kemudian memohon tanggapan kepada Bawaslu dan Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu tingkat Kabupaten Tegal, Bawaslu menyampaikan bahwa Rekap Manual harus sesuai SIDALIH, sedangkan seluruh Pimpinan Partai Politik yang hadir menyampaikan bahwa menerima rekap manual Penyempurnaan DPTHP-2 yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Tegal, sehingga pleno diputuskan untuk ditunda sampai dengan sesuainya rekap manual Penyempurnaan DPTHP-2 dengan SIDALIH. Akhirnya rapat dipending dan dilanjut di kantor KPU Kab Tegal.

Pukul 11.30 akhirnya rekap manual Penyempurnaan DPTHP-2 telah sesuai dengan SIDALIH, sehingga pada pukul 11.45 langsung dilakukan penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 oleh 5 orang Komisioner KPU Kabupaten Tegal disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Tegal. Adapun Rekapitulasi Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu Tahun 2019 di Tingkat Kabupaten Tegal terinci sebagai berikut : Jumlah Kecamatan 18, Jumlah Desa 287, Jumlah TPS 4533, Pemilih Laki-laki 611.049, pemilih perempuan 595131, jumlah Laki-laki dan Perempuan 1.206.180.

 

Terdapat kenaikan pemilih sebesar sebanyak 8.880 pemilih dari tahapan sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya tindak lanjut 31 juta data pemilih DP4 non DPT dari Kemendagri, rekom Bawaslu, dan dimasukkannya data pemilih AC.KPU. Data AC.KPU ini adalah data pemilih memenuhi syarat tetapi belum melakukan perekaman dan belum memiliki data kependudukan yang berhasil diinventarisir oleh KPU kabupaten Tegal. Berdasarkan Rekap Perkembangan jumlah pemilih yang di coret(TMS) sebanyak 5.394 sedangan masuk sebagai pemilih bari 14.858 pemilih  (MF/Adi)

 

Berita Acara Rekapitulasi

Lampiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *