DALAM RANGKA PEMBEKALAN KPPS PEMILU 2019 KPU TEGAL GELAR BIMTEK PPK KE 2


kab-tegal.kpu.go.id – Dalam rangka memberikan pembekalan tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS oleh KPPS, KPU Kabupaten Tegal melakukan bimtek ke PPK se-Kabupaten Tegal untuk kedua kalinya. Pada kesempatan kali ini bimtek dilangsungkan di gedung PMI Slawi pada hari Sabtu(23/03/2019).

Acara ini dibuka langsung oleh ketua KPU Kabupaten Tegal Nurokhman, dan turut serta dihadiri oleh anggota KPU Muhammad Fasihin, Himawan Tri P, Sekretaris KPU  Sujadi dan pejabat struktural sekretariat.

“Bimtek yang kedua bagi PPK ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh bagi PPK atas regulasi sampai teknis penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan suara di TPS, hal ini dimaksudkan sebagai persiapan untuk membintek KPPS Pemilu 2019 diwilayah kerja masing-masing. Harapan kami yang nanti disampaikan oleh PPK dapat benar-benar dapat dipahami dan dimengerti oleh semua KPPS, sehingga pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan suara di TPS dapat berjalan baik” ujar Nurokhman dalam sambutannya.


Bimtek yang berlangsung selama satu hari tersebut diisi dengan mengupas tuntas Buku Panduan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berisi materi teknis tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum tahun 2019. Materi disampaikan langsung oleh Komisioner KPU kabupaten Tegal Fasihin selaku ketua divisi Teknis Penyelenggaran Pemilu.

Dikatakan oleh Fasihin bimtek kali ini ada 3 materi. Pertama pre test bagi seluruh peserta untuk mengisi formulir C1 dengan varian soal 3 (tiga) macam, hal ini dikandung maksud agar setiap PPK meskipun bukan penyelenggara di tingkat TPS, akan tetapi harus paham benar mengisi formulir C1. Selanjutnya. Kedua, materi Pemungutan suara pemilu 2019 yang berisi dasar hukum, jadwal kegiatan KPPS dan Pemungutan Suara. Ketiga, materi penghitungan suara yang berisi dasar hukum, penghitungan suara dan Teknis Pengisian Formulir. (MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *