TALK SHOW BERSAMA PEMDA DAN KPU KABUPATEN TEGAL DALAM “KABAR BUPATIKU”

www.kab-tegal.kpu.go.id – Pemda Tegal bersama KPU Kabupaten Tegal gelar acara Talkshow Kabar Bupatiku yang dikemas dalam acara Coffee Morning dengan tema “kesiapan personil KPU dalam penyelenggaraan pemilu 2019” pada hari Senin (1/4/2019) di Kantor KPU Kabupaten Tegal. Acara ini disiarkan langsung (live) melalui Radio Pertiwi Fm.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Seluruh Komisioner KPU Kabupaten Tegal, Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto, ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Iqbal Faizal, Kadishub, Kasatpol PP, PPK, dan PPS se kecamatan slawi.  

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie kembali mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas dan tidak berpihak dengan calon legislatif maupun calon presiden pada Pilpres 2019. “Bukan berarti para ASN tidak memiliki hak, tetapi sebagai aparatur negara jangan sampai menunjukkan keberpihakan terhadap partai politik. Pemilu ini harus bersih, damai dan sejuk. Kita sukseskan dengan cara dan aturan yang telah disepakati,” kata Ardie.

Ardie Ajak Masyarakat Proaktif Sementara untuk masyarakat Kabupaten Tegal yang telah memiliki hak pilih, Ardie berharap, ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini karena suara dari masyarakat sangat berarti dan besar manfaatnya. “Lima menit ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kenali calon-calonnya dan program jangka panjangnya. Pemilihan ini adalah untuk mencari pemimpin, bukan untuk memisahkan atau memutuskan persaudaraan maupun pertemanan,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan persiapan pemilihan, Ketua KPU, Nurokhman mengatakan, pengepakan surat suara pemilu telah selesai. Dia menjamin semua proses pengepakan berjalan dengan aman, karena mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Dijelaskan, dalam pemilihan nanti terdapat lima surat suara yang berbeda-beda. Warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, warna merah untuk DPD RI sedangkan DPR RI berwarna kuning. Kemudian untuk DPRD Provinsi berwarna biru dan DPRD Kabupaten/Kota berwarna hijau.

“Jangan khawatir, masyarakat tidak usah bingung. Nantinya di TPS akan ada panitia yang akan menjelaskan. Jika belum paham masyarakat jangan sungkan untuk bertanya,” jelas Nurokhman.

Adapun Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto menyampaikan keamanan Pemilu mengingat banyaknya jumlah TPS yang tidak diimbangi dengan jumlah personel dari kepolisian, maka pihaknya akan bekerja sama dengan unsur TNI dan Satlinmas.  “Di setiap 14 TPS, nantinya akan ada dua personil dari unsur kepolisian. Jumlah TPS 4.533 titik. Keamanan akan tetap terjaga, karena kami bekerja sama dengan TNI. Jadi masyarakat jangan khawatir untuk datang ke TPS,” tandas Kapolres. (MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *