KPU TEGAL GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILU TAHUN 2019

Hari ini, Sabtu (6/3/2019), KPU Kabupaten Tegal  melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019. Simulasi ini dilakukan di Lokasi TPS 20 Desa tegalandong, Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini dihadiri oleh segenap Komisioner KPU Kabupaten Tegal beserta Sekretaris dan staf sekretaiat, Forkompimda Kabupaten Tegal, Bawaslu Kabupaten Tegal, Kesbangpolinmas, Disdukcapil, Kepala Lapas Tegalandong, Ketua dan Anggota PPK divisi Teknis beserta Sekretaris PPK, Forkopimcam Kecamatan Lebaksiu, Panwascam Lebaksiu, PPS dan PPL Tegalandong, Media Cetak dan elektronik.

Disampaikan Fasihin selaku Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Tegal,  bahwa Situasi dan kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam simulasi ini dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan 17 April besok. Kotak suara, bilik suara, kertas suara, kursi tunggu pemilih, kursi saksi, spot duduk bagi disabilitas lengkap disediakan.

Penting untuk diketahui, sebagai informasi pemilih, alur pemilihannya yaitu pertama-tama pemilih mendaftarkan dirinya kepada KPPS 4 dan 5 yang bertugas memeriksa kesesuaian antara nama pemilih dalam form C6-CWK(gambar 1).

Kemudian pemilih dipersilakan duduk menunggu. (gambar 2)

Lalu Ketua KPPS memanggil pemilih yang bersangkutan, seraya menyerahkan lima lembar surat suara.

Surat suara yang sah digunakan adalah surat suara yang telah dibubuhi tandatangan Ketua KPPS.

Saat pemilih menerima lembar surat suara, Ketua KPPS meminta pemilih untuk mengecek terlebih dahulu kondisi fisik surat suara.

“Silakan di cek dulu surat suaranya,” kata Ketua KPPS di TPS Simulasi Pemungutan Suara di Lokasi TPS 20 Desa tegalandong, Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, Sabtu (6/3/2019). (gambar 3).

 

Selanjutnya, pemilih menuju ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan (gambar 4). Sebagai informasi, pemilih dilarang mencoblos surat suara selain menggunakan paku yang telah disediakan.

Pemilih juga dilarang membawa alat perekam atau alat potret seperti kamera dan ponsel ke bilik suara. Bagi pemilih tuna netra, KPU menyediakan alat bantu huruf braile khusus surat suara Pemilu presiden-wakil presiden dan DPD RI.

Usai mencoblos, KPPS 6 memandu pemilih memasukkan lima surat suara tercoblos sesuai dengan kotak suaranya masing-masing (gambar 5).

Setelah itu, pemilih berjalan menuju KPPS 7 di pintu keluar untuk menyelupkan salah satu jari tangannya ke botol tinta sebagai penanda bahwa yang bersangkutan sudah menyalurkan hak pilihnya (gambar 6).

Komisioner Divisi Teknis Fasihin menjelaskan, kegiatan ini melibatkan warga secara langsung yang ada dalam DPT Pemilu 2019 khususnya TPS 20 Desa Tegalandong Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Harapannya, mereka (masyarakat) yang terlibat dalam kegiatan simulasi ini bisa merasakan atmosfer sesungguhnya pelaksanaan pemungutan suara tanggal 17 April besok. Sekaligus menjadi gambaran teknis pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan Suara di TPS bagi seluruh KPPS (MF).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *