KPU KABUPATEN TEGAL GELAR PLENO REKAPITULASI PEMILU 2019 HARI INI

kab-tegal.kpu.go.id – KPU Kabupaten Tegal menggelar rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten Tegal hari ini. Rapat pleno akan digelar di Pendopo Sunan Amangkurat, Slawi.
“Kita mulai pembukaan jam 09.00 WIB di Pendopo Amangkurat,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Tegal Fasihin saat dihubungi, Selasa (31/04/2019).

Fasihin  mengatakan akan memulai penghitungan suara sesuai urut Kecamatan Margasari dan diakhiri oleh kecamatan Dukuhwaru. Dalam Pleno ini yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tegal antara lain. Pertama, membuka kotak dari PPK yang tersegel, mengeluarkan dan membuka sampul tersegel yang berisi formulir model DA1-PPWP, DA1-DPR, DA1-DPD, DA1-DPRD Provinsi, DA1-DPRD Kabupaten/Kota, dan  Model DA2-KPU meneliti dan membacanya dengan cermat untuk dilakukan Rekapitulasi Hasil. Kedua, membaca keberatan saksi berdasar DA2-KPU pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan bila ada. Ketiga, mencatat hasil penelitian dan pembacaan pada langkah pertama ke dalam formulir model DB1-PPWP,  DB1-DPR, DB1-DPD, DB1-DPRD Provinsi dan DB1-DPRD Kabupaten/Kota. Keempat, mencatat kejadian khusus atau keberatan saksi kedalam formulir DB2-KPU. Kelima, membuat berita acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 ditingkat Kabupaten Tegal dengna formulir DB-KPU.

Dalam rapat pleno ini Saksi dan/atau Bawaslu Kabupaten Tegal dapat mengajukan keberatan terhadap prosedur dan/atau selisih Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara kepada KPU Kabupaten Tegal apabila terdapat hal yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. bila keberatan terkait selisih rekapitulasi ternyata memang benar, maka KPU kabupaten Tegal seketika melakukan pembetulan dengan cara mencoret angka yang salah dan menuliskan angka yang benar dalam formulir DA1-PPWP, DA1-DPR, DA1-DPD, DA1-DPRD Provinsi, DA1-DPRD Kabupaten/Kota, serta membubuhkan paraf bagi ketua KPU dan saksi pada angka hasil pembetulan tersebut.

Fasihin berharap pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 bisa berjalan aman dan lancar.(MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *