KPU TEGAL GELAR BIMTEK PENETAPAN JUMLAH KURSI PARTAI DAN CALON TERPILIH ANGGOTA DPRD KAB/KOTA PEMILU 2019

kab-tegal.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal  menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penetapan Jumlah Kursi Partai dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kab/Kota Pemilu 2019 kepada Seluruh Saksi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 , Forkopimda dan Pimpinan Organisasi, di Hotel Grand Dian Slawi, Selasa (2/7/2019). Dengan peserta sebanyak 50 orang.

Hadir dalam Kegiatan ini, Lima Komisioner beserta seluruh Pejabat Struktural KPU Kabupaten Tegal.

Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan visi dan pemahaman yang sama terkait teknis penghitungan Jumlah Kursi dan Calon Terpilih dalam Pemilu tahun 2019, mengingat teknis penghitungan pemilu sekarang berbeda dengan pemilu sebelumnya. Disampaikan pula oleh Nurokhman, bahwa Penetapan Jumlah Kursi Partai dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kab/Kota Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten akan dilaksanakan setelah terbitnya Berita Acara Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Selama BRPK ini belum diterbitkan, maka KPU RI/Provinsi/Kabupaten/Kota tidak akan melaksanakan penetapan ini.

Fasihin, selaku ketua Divisi Teknis mengungkapkan, Bimtek ini dilaksanaka dengan 2 sesi, sesi pertama, materi Penetapan Kursi dan Calon Terpilih, dalam sesi ini dijelaskan secara gamblang Alur dan Varian penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih  Anggota DPRD Kabupaten/Kota, Penyeleseian Keberatan, Pemberitahuan Calon terpilih, Pengusulan Pelantikan, Penggantian Calon Terpilih, Penundaan Calon terpilih, sanksi penetapan calon terpilih dan jenis formulir yang digunakan dalam penghitungan Jumlah Kursi dan Calon Terpilih dalam Pemilu tahun 2019.

Sedangkan  sesi kedua, materi metode Konversi Suara Divisor Sainte Lague. Dalam sesi ini peserta diajak mendalami beberapa metode Konversi suara, Formula Konversi Suara Divisor Sainte Lague, perbandingan metode Kuota Hare vs Sainte Lague, simulasi Konversi Suara Divisor Sainte Lague dengan sistem studi kasus.

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum 2019 tingkat Kabupaten Tegal yang akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Tegal semua akan berdasarkan hasil Rekapitulasi dan penetapan Hasil penghitungan Suara Pemilu 2019 pada tanggal 4 Mei 2019 yang terangkum dalam formulir Model DB1-PPWP,  DB1-DPR, DB1-DPD, DB1-DPRD Provinsi dan DB1-DPRD Kabupaten/Kota. Sehingga dipersilahkan seluruh peserta khususnya saksi partai untuk menghitungnya terlebih dahulu, sehingga pada saat rapat pleno nanti sudah siap dengan hasilnya ungkap Fasihin.(MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *