BANYAK KRITIK DAN SARAN DALAM GELARAN RAKOR EVALUASI FASILITASI KAMPANYE KPU TEGAL

www.kab-tegal.kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal, Kamis (8/8/2019) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, di Gedung PMI Slawi.

Kegiatan ini dihadiri anggota KPU, Pemda, Kesbangpolinmas, Bawaslu, Polres, Satpol PP, Dandim, Pimpinan partai politik, Dishub, DisKominfo, Media cetak dan radio, yang ada di Kabupaten Tegal. Rakor ini dibuka langsung oleh ketua KPU Kabupaten Tegal Nurokhman.

Dalam sambutannya ketua KPU Tegal menyampaikan, “Kita ingin mendengarkan apa saja tanggapan dari berbagai pihak untuk dalam pelaksanaan fasilitasi kampanye yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Mukomuko pada pemilihan umum yang telah kita laksanakan beberapa waktu lalu”, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai bahan evaluasi ke depannya.

Rakor Evaluasi ini selanjutnya dipandu oleh Himawan selaku Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM. Hal Pembahasan dalam Rakor Evaluasi ini diantara adalah tentang Regulasi, alat Peraga dan bahan kampanye (APK dan BK), konten kampanye, dan fasilitas kampanye.

Satu persatu setiap instansi diberikan waktu untuk menyampaikan hasil kajian terkait pelaksanaan kampanye pemilu 2019 di Kabupaten Tegal, dimulai dari kajian hasil pengawasan Bawaslu Tegal, Selanjutnya secara urut, Polres Tegal, Kodim 0712 Tegal, Pemda kabupaten Tegal, Satpol PP, Dishub, Media diwakili Star Fm, Radar CBS Fm, dan Darussalam Fm, Peserta Pemilu yang diwakili oleh Nasdem, PKB dan Gerindra.

Dalam penyampaian dari sebagian peserta cukup banyak catatan kritik maupun saran pelaksanaan kampanye pemilu 2019, diantaranya masa kampanye rentangnya cukup lama, sehingga puluhan ribu APK/BK yang telah ditertibkan oleh Bawaslu karena APK/BK dipasang tidak pada tempanya. Sesuai dengan lampiran surat bahwa setiap peserta mengirimkan hasil kajiannnya masing masing dalam formulir Daftar Inventaris masalah (DIM) Kampanye yang diserahkan saat registrasi peserta rapat. (MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *