KPU TEGAL SELENGGARAKAN EVALUASI PENCALONAN ANGGOTA DPRD PEMILU TAHUN 2019

www.kab-tegal.kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tegal gelar evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Tegal Pemilu tahun 2019. Dalam evaluasi yang dilaksanakan di Hotel Duta Wisata-Guci Tegal, Rabu-Kamis (2-3/10/2019). Hadir dalam kegiatan ini Ketua dan anggota KPU Kabupaten Tegal, Segenap Pejabat struktural sekretariat KPU Kabupaten Tegal,  Pimpinan dan LO  partai politik peserta pemilu 2019, Polres, Disdukcapil, Kabagpem Pemda Tegal.

Dalam acara pembukanaan Evaluasi ini, Nurokhman selaku ketua KPU Kabupaten Tegal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Pimpinan, LO dan Calon Anggota DPRD dari Partai, Polres dan Kodim 0712 Tegal, Disdukcapil, Pemerintah Kabupaten Tegal beserta jajarannya yang telah bersama-sama mensukseskan gelaran pemilu tahun 2019 khususnya diwilayah kabupaten Tegal, sehingga semua tahapan dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan kondusif. Dalam kegiatan ini kami  tetap berupaya akan menindaklanjuti segala bentuk saran dan masukan dari hasil pelaksanaan evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Tegal pada Pemilu tahun 2019. Sedangkan berkaitan dengan perubahan, menurut Nurokhman, kewenangan seutuhnya ada di tingkat pusat

Salanjutnya, acara evaluasi dikemas dalam bentuk FGD (focus Discussion Group) yang dipimpin langsung Muhammad Fasihin selaku ketua Divisti Teknis Penyelenggaraan. Disampaikan oleh fasihin, ada 3 sesi pembahasan dalam FGD evaluasi pencalonan ini, pertama pencalonan Anggota DPRD Tegal Pemilu 2019 secara teknis, kedua Sistem Pencalonan Pemilu 2019 (aplikasi), ketiga presentasi hasil diskusi group.. Beberapa catatan evaluasi diantaranya pemenuhan jasmanai dan rokhani terkendala rekomendasi RS tipe A dan B, dimana setiap Kabupaten/Kota  belum tentu tersedia sehingga perlu dikaji ulang regulasinya. Waktu pendaftaran Calon relatif sempit, akibatnya calon/partai terkendala pemenuhan berkas administrasi pendaftarannya, sehingga kedepan jadwal tahapan kedepan perlu diperpanjang masa pendaftaran caleg.

Kamis pagi (4/10/2019), seluruh peserta, panitia dan komisioner melakukan senam pagi bersama dihalaman Hotel Duta Wisata untuk menciptakan suasana sehat, akrab dan harmonis. Kemudian dilanjutkan acara season terakhir yaitu presentasi hasil diskusi group sebelum closing ceremony.(Fas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *